Cara Menanam Tomat Hidroponik Yang Benar Dirumah

cara menanam tomat hidroponik yang benarCara Menanam Tomat Hidroponik Yang Benar Dirumah, Cara menanam tomat dengan metode hidroponik sebetulnya sangat mudah hanya saja diperlukan pengetahuan sebelum memulainya. Dengan begitu anda tidak perlu repot-repot lagi untuk membeli tomat di pasar karena di kebun belakang rumah anda sudah ada. Selain itu tomat yang ditanam sendiri pun lebih di jamin kebersihan serta kesehatannya ketimbang harus membeli tomat di pasar.

Maka dari itu tidak ada salahnya anda  menanam sayuran yang satu ini di halaman rumah anda. Untuk lebih jelasnya seputarpertanian akan memberikan info lengkap tentang cara menanam tomat hidroponik mudah yang dapat anda praktekan langsung di rumah.

Langkah-langkah cara menanam tomat hidroponik

Persiapan sebelum menanam

Sebelum anda menanam tomat ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang tanaman tomat. Tomat baik  tumbuh pada dataran sedang hingga tinggi dengan suhu sekitar 55-75 derajat celcius. Kelembaban yang baik untuk tomat yaitu 40-50%.

Setelah itu siapkan botol-botol plastik bekas yang dapat anda dapatkan disekitar rumah anda sebagai tempat media tanam. Sebelum ditanam sebaiknya tomat disemai terlebih dahulu dengan menggunakan media tanam cocopeat. Persemaian selesai ketika benih telah berumur 2-3 minggu dengan di letakkan di bawah  sinar matahari langsung agar merangsang pertumbuhannya. Setelah itu bibit siap dipindahkan ke media hidroponik.

Memindahkan tomat ke media hidroponik

Setelah tanaman disemai selama 2-3 minggu biasanya batang sudah tumbuh dan siap dipindahkan ke media gelas plastik  yang telah dilubangi  dengan diisi pecahan batu bata, batu split atau kerikil.  Lalu tancapkan akar tomat kedalamnya dengan catatan akar tersebar.  Setelah itu masukan media tanam gelas plastik itu ke sistem paralon hidroponik yang telah dilubangi atasnya menyesuaikan lubang gelas plastik.

Perawatan

Kelebihan dari sistem hidroponik adalah tanaman sudah tidak perlu disiram. Selain itu resiko terserang hama juga sangat kecil. Jadi yang harus anda lakukan hanyalah pemupukan. Pemupukan dapat anda berikan pupuk organik cair yang diteteskan kedalam sistem hidroponik. Pemupukan dilakukan sekitar 2 minggu setelah tanam  dan dua minggu selanjutnya.

Pemanenan

Setelah anda lakukan pemupukan secara rutin sesuai jadwal dan dengan pemeliharaan yang baik pula maka dalam waktu 50-60 hari  tomat anda sudah dapat dipanen. Selamat menikmati tomat yang sehat dan bebas dari pestisida!!!

Itulah tadi Cara Menanam Tomat Hidroponik Yang Benar Dirumah yang dapat anda praktekan dirumah. Syangi keluarga anda dengan makanan organik!!!

One thought on “Cara Menanam Tomat Hidroponik Yang Benar Dirumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *